Pemerintah Ubah Struktur Honor Pns

SITUSPNS.COM--Pemerintah sedang merancang struktur honor PNS yang gres sehingga akan menunjukkan perubahan yang baik kepada para PNS semuanya. Seperti apa perubahan struktur honor pns itu simak klarifikasi berikut ini.


Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan, komposisi honor PNS terdiri dari honor pokok dan pinjaman kinerja, serta kemahalan daerah. Saat ini, komposisi pinjaman lebih besar dari honor pokok. Ke depan, pemerintah akan mengubah komposisi tersebut alasannya yaitu honor pokok terkait dengan jaminan sosial.
Untuk membahas perubahan komposisi tersebut, Sri Mulyani melakukan pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur secara intensif.
"Kalau dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) kan disebutkan bahwa penerimaan ASN dari gaji, tunjangan, dan lain-lain. Menteri PANRB bersama dengan Menteri Keuangan kini sedang memikirkan format, struktur penggajian ini biar sesuai kebutuhan organisasi dikala ini," kata beliau usai Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/5/2017).
Sri Mulyani belum menandakan komposisi penggajian tersebut. Pasalnya, beliau buru-buru meninggalkan lokasi acara.
Sebelumnya, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan pemerintah akan mengubah struktur pendapatan PNS. Pasalnya, struktur yang ada dikala ini tidak seimbang.
Ada tiga unsur besar yang memilih penghasilan PNS. Unsur tersebut yakni honor pokok, pinjaman kinerja, dan kemahalan daerah. "Saat ini memang antara honor pokok dan pinjaman kinerja tidak berimbang. Gaji pokok kecil, lalu pinjaman yang besar," kata dia.
Padahal, honor pokok juga memilih jaminan kesehatan dan pensiun PNS. "Memang persoalannya dikala ini yang jaminan kesehatan, pensiun basis persentase honor pokok. Ketika honor pokok naik, maka berdampak ke struktur pensiun dan seterusnya," terang dia.
Meski begitu, pemerintah akan berhati-hati mengubah struktur pendapatan tersebut. Lantaran, hal ini akan berdampak pada anggaran negara.
"Kita sangat berhati-hari di situ. Ketika akan meningkatkan struktur honor pokok, cek kemampuan negara cukup apa tidak. Ini seluruh wilayah Nusantara," Setiawan menandaskan.

Sumber:liputan6.com

Demikian gosip ini kami sampaikan semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pns semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemerintah Ubah Struktur Honor Pns"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel