Menpan-Rb: Mau Negara Bagus, Ubah Rekrutmen Pns!

SITUSPNS.COM-- Menpan-RB semakin serius saja membereskan kinerja ASN mulai dari perekrutan CPNS hingga menunjukkan training kepada PNS yang ada untuk membuat ASN yang handal dan berdaya saing.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur kembali menyuarakan perubahan rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) terutama PNS.
Selama puluhan tahun, sistem rekrutmen PNS tidak objektif sehingga memengaruhi kualitas SDM. Hal ini tidak dapat dibiarkan kalau ingin Indonesia maju.
"Pengembangan ASN mutlak dilakukan. Kalau ingin negara bagus, tentunya harus punya SDM yang bagus,” ujar Asman, Sabtu (8/4).
Mantan wakil wali kota Batam ini menambahkan, setiap ASN harus mempunyai keahlian dan keterampilan sesuai bidang atau wilayah kerja yang ditekuninya.
Salah satunya dengan mewajibkan ASN mengikuti pelatihan.
“Kami sedang merancang supaya ASN ikut training minimal 20 jam per tahun,” terangnya.
Kunci keberhasilan dalam peningkatan pengembangan ASN adalah dengan meningkatkan sistem pendidikan dan training yang ada.
Asman yakin dengan sistem pendidikan yang baik dapat dicetak aparatur yang lebih profesional. Selain itu contoh rekrutmen harus diubah, dari pengangkatan otomatis menjadi seleksi memakai computer assisted test (CAT). 
Sumber: JPNN

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menpan-Rb: Mau Negara Bagus, Ubah Rekrutmen Pns!"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel