Bkn Angkat Ribuan Tenaga Kesehatan, Penyuluh, Dan Guru Jadi Pns Secara Pribadi Tanpa Seleksi

SITUSPNS.COM--Selain merekrut Pegawai Negeri Sipil untuk Kementrian Hukum Hak Asasi Manusia dan Mahkamah Agung, Badan Kepegawaian Negara juga mengangkat ribuan tenaga kesehatan di daerah, penyuluh pertanian, dan guru di wilayah terpencil. Namun, sistem pengangkatannya tidak melalui seleksi daring melainkan penunjukan pribadi sesuai rekomendasi pemerintah daerah.

Kepala Hubungan Masyarakat BKN Muhammad Ridwan menjelaskan pengangkatan tenaga kesehatan dan pendidikan berkaitan dengan nawacita Presiden Joko Widodo. "Pertama Indonesia Pintar, kita sudah memberkas NIP CPNS sebanyak 6.296, kita sebut sebagai guru garis depan, ditempatkan di wilayah terpencil," katanya, Jumat 4 Agustus 2017.
Surat Keputusan pengangkatan para guru garis depan itu rencananya akan diserahkan secara simbolis oleh presiden di Istana Bogor pada September 2017 mendatang. Meskipun demikian, Ridwan mengakui para guru tersebut sudah mulai ditugaskan pada awal Agustus 2017 lalu. Mereka ditempatkan di 49 tempat yang mempunyai wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

PNS tenaga kesehatan

Di bidang kesehatan, Ridwan menyampaikan pengangkatan PNS dilakukan terhadap pegawai tidak tetap ibarat bidan, dokter umum, dan dokter gigi. Ia menyebutkan jumlahnya mencapai lebih dari 29 ribu orang. Berbeda dari tenaga pendidik yang telah tamat penetapannya, proses pengangkatan tenaga kesehatan diakui belum tamat hingga sekarang.
"Masalahnya ada di daerah. Yang sudah tamat pemberkasannya itu gres 16 ribuan PTT kesehatan. Sisanya, masih ada pemerintah tempat yang belum menyerahkan berkasnya," kata Ridwan. Ia mempertanyakan keseriusan pemerintah tempat yang belum menyerahkan daftar PTT yang diminta tersebut. Ia memperkirakan terdapat daftar PTT yang berubah ibarat pindah, meninggal, dan sebagainya.
Selebihnya, pemerintah sentra juga mengangkat personel penyuluh pertanian. Ridwan menyebut jumlahnya sekitar 100 orang dan masih dalam proses yang sama ibarat perekrutan tenaga kesehatan. Ia menegaskan pengangkatan mereka dilakukan secara khusus berdasarkan ajuan pemerintah daerah.
Para PNS yang diangkat melalui jalur khusus itu menurutnya akan didanai pribadi pemerintah sentra melalui dana alokasi umum yang ditransfer pribadi ke pemerintah tempat masing-masing. "Sehingga tak ada alasan bagi pemerintah tempat tidak ada uang untuk menggaji mereka," kata Ridwan menegaskan.
Sementra itu, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Iwan Hermanto menambahkan pendapatan para PNS jalur khusus itu disebut melebihi pegawai pada umumnya. Pasalnya, mereka juga diberikan pertolongan wilayah 3T selain honor pokok ibarat yang diterima PNS lainnya.
Sumber: pikiran-rakyat.com
Demikian info ini kami sampaikan biar anda salah satunya yang menerima pengangkatan jadi PNS secara langsung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bkn Angkat Ribuan Tenaga Kesehatan, Penyuluh, Dan Guru Jadi Pns Secara Pribadi Tanpa Seleksi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel