Dpr Setujui Mutasi Pns Guru Lintas Provinsi Menyerupai Anggota Tni, Polri, Berikut Daftar Daerahnya

SITUSPNS.COM--Tidak adanya rekruitmen PNS secara terbuka menciptakan beberapa kawasan kekurangan PNS khususnya guru. Oleh alasannya yaitu itu Mutasi pns tidak dapat dielakkan lagi, bagi PNS yang berada di kawasan yang kelebihan PNS siap-siap dimutasi ya.

Masalah penyebaran pegawai negeri sipil (PNS) kembali mencuat. Pemerintah punya dasar aturan untuk memutasi PNS dari kawasan padat ke wilayah yang minim sumber daya insan (SDM).
Kewenangan itu ada di tangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Hal itu ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 wacana Manajemen PNS yang diteken Presiden Joko Widodo simpulan Maret lalu.
Mendagri akan mendapat pertimbangan dari Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Menteri PAN-RB Asman Abnur sudah merencanakan distribusi PNS.
’’Sedang kami atur (tindak lanjut PP-nya),’’ ujar Asmankemarin. Dia enggan menjelaskan lebih jauh dengan alasan sedang berada di bandara.
Mutasi tersebut diprioritaskan untuk PNS guru. Mengingat banyak kawasan yang kekurangan tenaga pengajar. Yang menjadi persoalan, selama ini penempatan guru tidak diatur oleh Mendikbud.
Tapi, oleh pemerintah kawasan masing-masing. Karena itu, sebagai langkah awal, Mendikbud memetakan daerah-daerah yang kekurangan guru dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan.
Mutasi dilakukan secara permanen. Selama ini guru yang tidak betah dikala penempatan meminta mutasi ke kota sesudah beberapa bulan bertugas.
’’Kami akan atur, semoga begitu ditempatkan di perbatasan beliau tidak cepat-cepat pulang,’’ kata Asman.
Sebelumnya, pemerintah hanya dapat mengatur guru-guru yang gres diangkat melalui perjanjian penempatan.
Kini, sesudah PP itu terbit, Mendagri dapat memutasi PNS, termasuk guru, ke provinsi yang minim SDM sesudah ada assessment dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Wakil Ketua Komisi II dewan perwakilan rakyat Muhamad Lukman Edy berharap kesenjangan jumlah PNS bisa tertangani.
Kini Kemendagri mempunyai kekuatan penuh. PP itu harus dipatuhi oleh seluruh aparatur pemerintah. ’’Baik itu yang di instansi sentra maupun daerah,’’ jelasnya.
Untuk sementara mutasi PNS lintas provinsi dapat dijalankan untuk pejabat setingkat eselon 1 dan eselon 2 dahulu.
Sementara untuk pejabat eselon 3 hingga eselon 4, tentu bakal banyak yang keberatan jikalau harus jauh dari keluarga.
Lukman berharap mutasi PNS lintas provinsi ini dapat berjalan dinamis menyerupai perpindahan pejabat polisi, TNI, maupun Badan Pertanahan Nasional (BPN).
Mutasi PNS lintas provinsi itu juga dapat diterapkan untuk guru. Secara umum guru di Jawa cukup padat.
Nah, dengan PP tersebut, guru dapat disebar ke daerah-daerah yang masih kekurangan. Para guru yang mendapat pertolongan sertifikasi harus bersedia mengisi kekurangan tenaga pengajar di kawasan lain. (byu/wan/ca)
Lima Provinsi dengan Jumlah PNS terbanyak
Jawa Timur 411.488
Jawa Tengah 375.140
Jawa Barat 349.854
Sumatera Utara 213.615
Sulawesi Selatan 170.431
Lima Provinsi Dengan Jumlah PNS Paling Sedikit
Kalimantan Utara 19.263
Bangka Belitung 28.313
Kepulauan Riau 28.701
Gorontalo 30.114
Sulawesi Barat 32.449
Sumber: JPNN
Demikian informasi yang kami sampaikan semoga ada manfaatnya. Silahkan menyebarkan info ini di sosmed teman semua semoga lebih banyak yang mengetahuinya. Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dpr Setujui Mutasi Pns Guru Lintas Provinsi Menyerupai Anggota Tni, Polri, Berikut Daftar Daerahnya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel