Buat Guru Dan Kepala Sekolah Diseluruh Indonesia Dimohon Bersiap-Siap, Kenapa?

SITUSPSN.COM--Kabar penting buat guru dan kepala sekolah diseluruh Indonesia yang wajib diketahui bersama.

Dinas Pendidikan Pemprov Sulawesi Selatan akan melaksanakan mutasi guru dan kepala sekolah tingkat Sekolah Menengan Atas dan sederajat. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo mengungkapkan, mutasi ini juga dilakukan alasannya yaitu menemukan banyak kepala sekolah dari sisi administrasi, tidak layak untuk menjabat. Salah satunya alasannya yaitu tidak mengikuti pendidikan dan latihan calon kepala sekolah.


Diklat sisa dinantikan hasilnya. Jangankan tidak ikut, tidak lulus pun, kasek (kepala sekolah, red) akan diganti dan menjadi guru biasa," ungkap Irman, ketika ditemui pada Selasa, 4 Juli.
None sapaan akrabnya bilang, mutasi akan dilakukan pada simpulan Juli. Mutasi kasek, kata None dilakukan lintas wilayah. "Prosesnya akan dibahas sehabis 20 Juli nanti," bebernya.
Selain kasek, None juga akan melaksanakan mutasi untuk para tenaga pendidik atau guru. Kebijakan tersebut menyikapi distribusi guru yang tidak merata. Namun mekanismenya akan dilakukan dengan model uji kompetensi. Akan dibentuk standar penilaian rata-rata di satu sekolah. "Misalnya di Sekolah Menengan Atas 1 Makassar dibentuk tes kompetensi. Yang tidak memenuhi nilai rata-rata yang berpeluang dimutasi. Makara nanti sekolah favorit bukan lagi dari nilai siswa, tetapi dari kompetensi gurunya yang jadi indikator," tegasnya.
Kepala UPT Diklat Dinas Pendidikan Sulsel, Melvin mengungkapkan, tujuan diklat untuk peningkatan kapasitas. Selain itu, untuk memenuhi syarat manajemen menjadi kasek.
"Selama ini, dari seluruh kepala sekolah, hanya lima persen yang memenuhi syarat manajemen sewaktu di kabupaten/kota," ujarnya.
Melvin juga mengatakan, jikalau ingin menjabat kembali, kepala sekolah diwajibkan mengikuti diklat calon kasek. Prosesnya masih berlangsung sampai ketika ini.
"Selama dua bulan. Mulai dari bahan awal, penelitian di lapangan, menciptakan karya ilmiah, lantas dipresentasikan," bebernya.
Setelah itu, bukti kelulusan kasek dengan diberikannya akta layak jadi kasek dan nomor unik kepala sekolah (NUKS).
Sumber:jpnn
Demikian warta penting kepada rekan-rekan Guru dan Kepala sekolah yang wajib anda ketahui.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buat Guru Dan Kepala Sekolah Diseluruh Indonesia Dimohon Bersiap-Siap, Kenapa?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel