Mantap!! Tahun Ini Kemendikbud Akan Angkat 6.300 Cpns Guru

SITUSPNS.COM-- Kabar besar hati buat rekan-rekan guru semua, alasannya tahun ini masih ada kesempatan bagi tenaga pendidik/Guru untuk jadi CPNS. Kemendikbud tahun ini masih fokus untuk mengangkat cpns guru di kawasan 3T.

"Memang ada pengangkatan guru untuk menjadi CPNS sebanyak 6.300 orang pada tahun ini, namun pengangkatan guru ini diprioritaskan untuk ditempatkan di kawasan 3T," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi di Malang, Jawa Timur, Jumat (15/4/2017).
"Termasuk ada empat kawasan 3T di Jawa Timur, yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, Situbondo, dan Bondowoso," ujar dia.
Ia mengakui kekurangan tenaga guru terjadi di aneka macam daerah, bahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kondisi ini tak terkecuali juga di Kabupaten Malang.
Namun, tahun ini tidak ada pengangkatan guru di wilayah Kabupaten Malang maupun lainnya, kecuali di kawasan 3T.
Kabupaten Malang tidak termasuk kawasan 3T, lanjutnya, sehingga tidak ada pengangkatan guru.
"Kalau Kabupaten Malang masuk kawasan 3T, saya bisa dimaarahi Pak Bupati. Sebenarnya tidak ada moratorium untuk tenaga pendidik, tetapi memang tidak ada kebijakan pengangkatan tenaga pendidik baru," ucap Muhadjir.
Untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik tersebut, berdasarkan Muhadjir, taktik yang diterapkan yakni melalui Program Guru Keahlian Ganda. Guru normatif dan adaptif dididik kembali, dan dibekali kemampuan mata pelajaran produktif.
"Dengan cara ini, kebutuhan guru, terutama Sekolah Menengah kejuruan bisa diatasi tanpa mengangkat guru. Ada sekitar 12.000 guru yang lulus pendidikan guru berkeahlian ganda pada tahun lalu. Dan, tahun ini ada 15.000 guru yang mendaftar jadwal ini," tutur Muhadjir.
Kemendikbud menargetkan ada 40.000 guru dengan keahlian ganda pada 2018.
"Ini berlaku untuk semua keahlian produkti, sehingga satu guru bisa mengajar beberapa mata pelajaran," ucapnya.
Dalam kesempatan terpisah, Mendikbud bertemu dengan para guru yang sedang mengikuti training sertifikasi ganda.
"Jangan cuma untuk sanggup sertifikasi profesi saja ya. Saya titip, didik dan bimbing bawah umur kita biar sanggup bersaing dan jadi orang tangguh," kata Muhadjir.
Saat ini pemerintah melalui Kemendikbud sedang menyiapkan 125 Sekolah Menengah kejuruan percontohan untuk direvitalisasi.
Selain link and match SMK dengan dunia perjuangan dan dunia industri (DUDI), Kemendikbud juga bertugas untuk meningkatkan kompetensi pendidik kejuruan, serta peningkatan sertifikasi lulusan biar semakin kompetitif di pasar internasional.
Sumber: kompas
Demikian gosip yang kami sampaikan semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua, silahkan bagikan gosip ini biar semua guru mengetahuinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mantap!! Tahun Ini Kemendikbud Akan Angkat 6.300 Cpns Guru"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel